,

Pujian dan Kesan Mendalam Saat Pisah Sambut Kapolres Bengkulu

Kota Bengkulu >> Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu menggelar acara Pisah Sambut Kapolresta Bengkulu dari AKBP. Andi Dady Nurcahyo Widodo E.P, S.IK kepada Kombes. Pol. Aris Sulistyono, A.Md, SH, MH. Acara digelar di Grage Hotel Bengkulu, Jumat malam (27/1/2023).

Dikesempatan ini turut hadir Wakil Walikota Dedy Wahyudi, Ariyono Gumay yang mewakili Ketua DPRD Kota Bengkulu, Kajari Bengkulu Yulita, SH, Dandim 0407/Kota Bengkulu Letkol. Kav. Widodo Pujianto, SH beserta istri, Danlanal Bengkulu, Sekda Arif Gunadi, para asisten dan staf ahli Kota Bengkulu dan kepala OPD di lingkungan Kota Bengkulu serta tamu penting lainnya.

Walikota Bengkulu, Helmi Hasan dikesempatan menyampaikan sambutannya mengatakan banyak sekali kesan baik bersama Andi selama ia menjabat Kapolresta Bengkulu. Ia menyampaikan banyak terima kasih atas kerjasama yang telah dibangun selama ini.

“Selama ini banyak sekali dukungan dari mantan kapolres pak Andi Dady sehingga Pemkot Bengkulu bisa menjalankan tugas dengan baik. Pak Andi memang cuma sebentar menjabat kapolres tetapi catatan-catatan kebaikannya begitu banyak. Salah satu catatan kenangan baik yakni soal sedekah 2 ribu, itu sangat menginspirasi bahwa ada gerakan sedekah 2 ribu di polresta. Kemudian Pemkot Bengkulu bikin juga program sedekah 2 ribu,” beber Walikota Helmi.

Ia mengapresiasi Kapolres yang sebelumnya dan mengucapkan selamat datang dan selamat bertugas kepada Kombes. Pol. Aris Sulistyono, A.Md, SH, MH, yakni kapolres pertama di Kota Bengkulu yang berpangkat Komisaris Besar Polisi. Ia mengatakan bahwa di Kota Bengkulu biasanya rutin digelar rapat setiap minggu antar foekopimda.

“Kita di Kota Bengkulu ini hampir setiap minggu kita lakukan rapat sehingga kita bisa membangun suasana yang baik antar pimpinan eksekutif, pimpinan legislatif dan pimpinan yudikatif,” ujar Helmi.

Di akhir sambutannya Helmi menyampaikan permohonan maaf atas nama pribadi, atas nama walikota dan atas nama Pemkot Bengkulu kepada Andi bila selama bersama-sama ada hal yang kurang pas dan kurang berkenan. Ia berharap dan mendoakan Andi semoga di tempat yang baru lebih bersinar lagi, lebih sukses lagi dan lebih berhasil lagi.

Sementara Kapolres yang sebelumnya AKBP Andi Dady Nurcahyo Widodo E.P, S.IK juga sampaikan ucapan terima kasih kepada forkopimda Kota Bengkulu terkhusus kepada walikota, wawali, sekda, para asisten, staf ahli serta seluruh kepala OPD lingkungan Pemkot Bengkulu atas support dan bantuan kerjasamanya selama ini. Adapun Andi pindah tugas di Polairud Polda Bengkulu sebagai Wakil Direktur.

“Terima kasih kepada walikota, wawali, sekda, staf dan jajaran atas kerjasama selama ini, dan juga atas acara pisah sambut ini. Pak wali sudah sudi menyiapkan acara mewah seperti ini,” ucap Andi.

Andi juga ucapkan selamat datang kepada kapolresta yang baru.

“Selamat datang pak kapolresta semoga betah di Kota Bengkulu. Selanat datang juga kepada sahabat saya, pak Dandim 0407/Kota Bengkulu, Letkol Widodo. Mudah-mudahan semuanya senantiasa diberikan kesehatan, panjang umur, dilancarkan semua tugas dan ikhtiarnya,” tambah Andi.

Sementara Aris selaku Kapolresta Bengkulu yang baru memohon dukungan dan doa dari seluruh forkopimda di Kota Bengkulu agar ia bisa melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya.

“Kehadiran saya di sini merupakan takdir dari Allah. Bahkan tak pernah terpikir bahwa saya akan memimpin Polresta Bengkulu. Apalagi ini pertama kali seorang Komisaris Besar Polisi memimpin polres di Kota Bengkulu. Saya akan jalani dengan ikhlas dan tentu saya berharap menjadi nilai ibadah untuk di dunia dan akhirat nantinya,” ujar Aris yang diaminkan seluruh pejabat yang hadir.

Dengan seluruh kekuragan yang ada pada dirinya sambungnya, ia berjanji akan bekerja keras, dengan ikhlas dan kerja tuntas dalam mengemban amanah ini.

“Kami membuka diri kepada walikota dan seluruh forkopimda Kota Bengkulu untuk memberikan koreksi. Bila perlu tegur saya kalau ada sesuatu yang kurang baik atau keliru. Mari sama-sama bantu saya mewujudkan Kota Bengkulu yang aman dan kondusif,” ujarnya.

Untuk diketahui, Aris sebelumnya sudah 2 kali menjabat Kapolres dan terakhir menjabat Wadir Intelijen di Bangka Belitung. Maka, dengan modal pengalaman yang ada pada dirinya itu, Aris berharap jadi sebuah penyemangat bersama.

“Mohon pak walikota dan forkopimda berkenan menerima kami dan memberikan doa restu agar Allah memberikan kelancaran buat kami menjalankan tugas,” demikian Aris.(***/rls)

Polres Benteng Bersama Damkar dan BPBD Aksi Bersih-Bersih

Bengkulu Tengah >> Menjaga keamanan, keselamatan dan kelancaran arus lalu lintas (Kamseltibcarlantas) sekaligus peningkatan sinergi antar instansi bersama polri , Polres Bengkulu Tengah (Benteng) Polda Bengkulu, Selasa siang (24/01/2023), menurunkan Anggota untuk membantu proses pembersihan badan jalan dari material tanah longsor, yang berada di Bahu Jalan Didepan Rumdin Bupati Bengkulu Tengah.

Dipimpin langsung Kasat Lantas Polres Benteng IPTU Wiyanto, SH, dalam kegiatan yang digelar bersama Damkar dan Dinas BPBD Kabupaten Benteng ini dilakukan pengaturan arus lalu lintas yang menjadi penghubung Kabupaten Bengkulu Tengah menuju Kabupaten Kepahiang terang Kapolres Benteng Polda Bengkulu AKBP Dedi Wahyudi, S.Sos, S.Ik, MH melalui Kasubsi Penmas Sie Humas Aiptu Farizal, MH, dalam keterangan tertulisnya.

Selain pengaturan arus lalu lintas, dalam kesempatan ini juga diberikan himbauan agar seluruh elemen masyarakat khususnya para pengendara agar semakin meningkatkan kewaspadaan sehubungan dengan anomali cuaca yang membuat sebagian wilayah Provinsi Bengkulu terdampak musibah bencana alam seperti tanah longsor dan juga banjir sambungnya. (***/rls)

Annirell.Com - Media Siber - Berita, Publikasi, Banner dan Ucapan - Hotline : 082176018559 - 087791104004..🤗

Kapolri Instruksikan Jajarannya Bantu Program Pemerintah Turunkan Angka Stunting

Jakarta >> Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menginstruksikan kepada seluruh jajarannya untuk ikut membantu program Pemerintah dalam rangka menurunkan angka Stunting di seluruh Indonesia.

Sigit menegaskan, jajarannya khususnya para Kapolres di seluruh Indonesia harus turun langsung ke lapangan guna mengecek apabila ada orang tua dan anak yang membutuhkan tambahan gizi.

Apabila, di wilayahnya terdapat hal itu, Sigit menyebut, seluruh jajaran kepolisian harus turun untuk membantu menyalurkan kebutuhan gizi bagi anak maupun ibu yang sedang mengandung atau hamil. Tujuannya, agar terpenuhinya gizi yang baik.

“Sudah saya perintahkan kepada seluruh jajaran, seluruh Kapolres untuk mengecek betul di wilayah masing-masing. Sehingga kemudian, Polri bisa ikut membantu untuk menyalurkan kebutuhan bagi masyarakat, bagi ibu-ibu yang hamil yang memang membutuhkan tambahan untuk gizi kemudian anak-anak yang sedang masa pertumbuhan,” kata Sigit di Kantor BKKBN, Jakarta, Rabu, 25 Januari 2023.

Dalam hal ini, Sigit mencontohkan seperti kejadian yang viral di media sosial (medsos). Dimana ada seorang ibu memberikan bayinya kopi susu saset.

“Kebetulan anggota kami melihat viral, ada anak bayi karena keinginan orang tua berikan susu kemudian memberikan susu tapi yang ada di dalam saset instan, kopi susu. Saya kira ini sudah kita tindaklanjuti,” ujar Sigit.

Jajarannya di wilayah pun sudah langsung turun ke lapangan untuk mengecek peristiwa tersebut. Tak hanya itu, kata Sigit, pihaknya telah memberikan bantuan kepada ibu dan bayinya.

“Saya kira awalnya bingung karena didatangi polisi. Tapi, setelah itu, kita berikan bantuan untuk menambah gizi khususnya kebutuhan anak tersebut,” ucap Sigit.

Lebih dalam soal menurunkan angka Stunting, Sigit menjelaskan, Polri di seluruh wilayah memiliki rumah sakit dengan dokter yang mumpuni. Menurutnya, fasilitas kesehatan itu sudah memiliki pengalaman membantu masyarakat dalam penanganan Covid-19.

Oleh karena itu, Sigit mengatakan, pengalaman penanganan pasien Covid-19 tersebut dapat kembali diimplementasikan dalam rangka membantu program pemerintah menurunkan angka Stunting di seluruh Indonesia.

“Saya kira kami memiliki rumah sakit-rumah sakit dan dokternya di seluruh wilayah. Dan kita pernah punya pengalaman merawat pasien Covid-19 dengan fasilitas Halodoc ya waktu itu. Saya minta ini juga bisa diterapkan dalam membantu proses mengejar target menurunkan angka stunting. Saya kira ini bisa kita lakukan dengan metode yang sama. Mudah-mudaban bisa ikut membantu program pemerintah,” tutup Sigit. (***/rls)

Polisi Bersama Warga Gotong Royong Evakuasi Truk Terjebak Banjir

Bengkulu Tengah >> Hujan beberapa hari terakhir menyebabkan banjir di beberapa wilayah di Provinsi Bengkulu. Salah satu titik lokasi yang menjadi pantauan petugas yakni diruas jalan Kembang Seri-Air Sebakul tepatnya di Desa Jayakarta Kec. Talang Empat Kab.Bengkulu Tengah.

Dari pantauan petugas di lapangan, Senin kemarin (22/01/2023), tingginya debit air hingga mencapai pinggang orang dewasa tersebut menyebabkan akses kendaraan tidak dapat dilewati. Beberapa kendaraan yang memaksakan diri untuk menerobos banjir mengalami mati mesin atau mogok. Akibat kejadian tersebut anggota bersama dengan warga setempat bergotong royong mendorong mobil yang terhenti di tengah banjir agar bisa dilakukan evakuasi.

“Hari ini personil Satlantas Polres Bengkulu Tengah melaksanakan pengaturan lalu lintas dilokasi banjir diruas jalan Kembang Seri-Air Sebakul Desa Jayakarta Kec. Talang Empat Kab.Bengkulu Tengah. Untuk saat ini akses jalan sementara belum bisa dilewati dikarenakan air masih mengenangi ruas jalan,” jelas Ipda Mawardi.

Pada kesempatan itu, petuga juga secara aktif melakukan patroli mobiling mengingatkan warga yang bertempat tinggal di lokasi rawan banjir untuk selalu meningkatkan kewaspadaan. (***/rls)

Polri Kembali Gelar Hoegeng Awards, Ada Lima Ketegori

Jakarta >> Kepolisian Republik Indonesia (Polri) kembali menggelar kegiatan Hoegeng Awards pada tahun ini. Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengatakan, kegiatan ini diharapkan dapat memacu semangat anggota Polri di lapangan untuk terus berbuat baik.

Penyelenggaraan Hoegeng Awards pertama kali dicetuskan oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat rapat kerja dengan Komisi III DPR pada Januari 2022.

“Adapun background penyelenggaraan Hoegeng Awards ini bermula dengan adanya tagar percuma lapor polisi dan satu hari satu oknum. Lalu Pasal 30 ayat 4 UUD 1945 yaitu Polri sebagai alat negara yang menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat bertugas melindungi, mengoyami, melayani masyarakat serta menegakan hukum,” kata Dedi dalam keterangan tertulisnya, Selasa (24/1/2023).

Lebih lanjut, Dedi menuturkan, penyelenggaraan Hoegeng Awards juga dilatarbelakangi oleh humor dari mantan Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur yang menyatakatan hanya ada tiga polisi jujur di Indonesia, yakni patung polisi, polisi tidur dan mantan Kapolri Jenderal Hoegeng Iman Santoso.

“Munculnya humor dari Gus Dur ini seakan telah melegitimasi bahwa sangat sulit mencari polisi jujur dan berintegritas di negara ini,” katanya.

Dedi menuturkan, Hoegeng Awards bukan merupakan konteks popularitas dan banyak-banyakan usulan. Melainkan proses seleksi yang menitikberatkan pada dampak positif untuk institusi Polri maupun masyarakat luas, dengan berlandaskan pada nilai keteladanan Hoegeng Iman Santoso.

Pada penyelenggaraan Hoegeng Awards 2022 ada tiga kategori yang diperebutkan. Yaitu Polisi Inovatif, Polisi Berdedikasi, dan Polisi Berintegritas.

Tahun ini, ada lima kategori yang diperebutkan yaitu Polisi Berintegritas, Polisi Inovatif, Polisi Berdedikasi, Polisi Pelindung Perempuan dan Anak, dan Polisi Tapal Batas.

Adapun dewan pakar yang nanti memutuskan penerima Hoegeng Awards yaitu Wakil Ketua MPR Arsul Sani, Anggota Kompolnas Poengky Indarti, Koordinator Nasional Jaringan Gusdurian Indonesia Alissa Qotrunnada Wahid, Anggota Komnas HAM Putu Elvina dan Mantan Plt Pimpinan KPK Mas Achmad Santosa.

“Adapun kriteria penjurian yaitu pertama anggota Polri aktif, lalu tidak memiliki catatan negatif data internal Polri, ketiga memiliki impact atau dampak terhadap masyarakat luas, keempat memiliki citra positif di mata masyarakat sekitarnya, kelima berintegritas dan menjalankan prinsip-prinsip Presisi,” katanya. (***/rls)

Polri Kembali Buka Pendaftaran Perwira Polri Sumber Sarjana

Jakarta >> Polri secara resmi akan membuka pendaftaran penerimaan perwira Polri sumber sarjana (SIPSS) T.A 2023. Pendaftaran penerimaan SIPSS Polri tersebut dibuka mulai Selasa, 24 Januari hingga Minggu, 29 Januari 2023.

Bagi masyarakat yang ingin mendaftar bisa langsung secara online melalui laman penerimaan.polri.go.id.

Dari data yang berhasil di peroleh, penerimaan SIPSS T.A 2023 ini terbuka untuk lulusan D4, S1 dan S2.

Dan bagi peserta yang nantinya di nyatakan Lolos terpilih akan menjalani pendidikan selama 6 bulan di lemdiklat Akpol Polri Semarang, Jawa Tengah.

Adapun persyaratan umum bagi para pendaftar yakni

  1. WNI
  2. Beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME
  3. Setia kepada NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945
  4. Berumur paling rendah 18 tahun
  5. Sehat jasmani, rohani dan bebas narkoba (surat keterangan bebas narkoba dari instansi yang berwenang)
  6. Tidak sedang terlibat kasus pidana atau pernah dipidana karena melakukan suatu kejahatan yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Catatan kepolisian (SKCK) dari Polres setempat
  7. Berwibawa, jujur, adil dan berkelakuan tidak tercela
  8. Bersedia di tempatkan di seluruh wilayah NKRI dan bersedia ditugaskan pada satker sesuai keahlian atau latar belakang program studinya.

Dan selain persyaratan umum para pendaftar dapat mengetahui persyaratan khusus yang dapat di akses di lama web penerimaan.polri.go.id. (***/rls)

Kapolri Gelorakan Semangat Persatuan-Kesatuan Saat Tutup Porseni NU

Jawa Tengah – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menutup kegiatan Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) Nahdlatul Ulama (NU) di Solo, Jawa Tengah (Jateng), Sabtu, 21 Januari 2023.

“Sore hari ini kita semua bisa berkumpul untuk melaksanakan kegiatan penutupan Porseni NU tingkat Nasional dengan tema ‘Merawat Raga, Memperkuat Bangsa untuk Peradaban Dunia’,” kata Sigit mengawali sambutannya.

Sigit menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh pemenang dari kegiatan tersebut. Namun, Sigit menekankan, yang paling terpenting dari Porseni NU tersebut adalah semangat menjaga Ukhuwah atau rasa persaudaraan sesama warga Nahdliyin dan seluruh masyarakat.

“Yang penting adalah bukan masalah menang dan kalah. Tapi bagaimana semua teman-teman, semua atlet yang ada datang kesini sambil silaturahmi dengan seluruh masyarakat. kita kemudian melaksanakan kegiatan bersama. Menang kalah urusan kedua. Tapi bagaimana menjaga kerukunan menjaga Ukhuwah, menjaga persatuan dan kesatuan itu nomor satu,” ujar Sigit.

Sigit menjelaskan pentingnya menggelorakan pesan untuk menjaga Ukhuwah dan persatuan serta kesatuan Indonesia. Terutama kepada seluruh kader muda NU yang merupakan generasi penerus bangsa.

Lebih dalam, Sigit menyebut, saat ini Indonesia telah memasuki tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024. Sebab itu, diperlukan sinergisitas dan semangat yang sama untuk tetap menjaga serta mempertahankan nilai persatuan dan kesatuan Indonesia.

“Dalam setiap kesempatan, selalu saya menyampaikan pesan untuk menjaga persatuan dan kesatuan. Karena memang hal yang utama dijaga oleh kader-kader Nahdliyin adalah yang namanya persatuan dan kesatuan, masalah menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia, maka kader NU, Nahdliyin selalu menjadi garda terdepan untuk hal tersebut,” ucap Sigit disambut gemuruh tepuk tangan seluruh tamu undangan.

Sigit menegaskan, menjaga persatuan dan kesatuan NKRI merupakan tugas pokok dari TNI-Polri. Namun, semangat itu harus bersinergi dengan seluruh lapisan masyarakat termasuk seluruh warga Nahdliyin.

Apalagi, kata Sigit, seluruh warga
Nahdlatul Ulama di seluruh Indonesia telah teruji dalam bersinergi maupun berdiri di garis terdepan dalam menjaga persatuan dan kesatuan NKRI dari segala bentuk ancaman maupun gangguan yang ada.

“TNI-Polri tentunya melaksanakan hal tersebut (menjaga persatuan-kesatuan) karena tugas pokok kita. Tetapi, Nahdliyin sudah teruji. Bahkan sebelum merdeka pun semangat cinta tanah air, telah digelorakan dengan semangat Hubbul Wathan Minal Iman, ini sudah jauh-jauh hari ada,” tutur Sigit.

“Jadi bicara menjaga keutuhan NKRI, seluruh Nahdliyin tidak diragukan lagi. Kita harapkan kedepan terus kita jaga,” tambah Sigit menekankan.

Disisi lain, Sigit juga mengingatkan kepada seluruh pemuda-pemudi NU untuk terus meningkatkan kualitas demi menjadi Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul, ketika Indonesia memasuki bonus demografi pada tahun 2030 – 2035.

Sigit berharap, generasi penerus NU memiliki kualitas SDM yang unggul demi mewujudkan visi Indonesia Emas di tahun 2045 mendatang. Sehingga terwujud estafet kepemimpinan Indonesia.

“Ini menjadi harapan kita semua. Adik-adik yang ada disini kedepan menjadi orang penting. Apakah itu di jajaran birokrat atau tetap membesarkan pesantren di dunia pendidikan. Ataukah di tempat lain. Yang jelas kita inginkan, kader disini tahun itu, menjadi orang hebat,” tutup Sigit. (***/rls)

Eksploitasi Anak, 3 Pria Diamankan Polresta Bengkulu

Kota Bengkulu >> Ungkap kasus dugaan tindak pidana Penipuan dan Penggelapan serta Tindak Pidana Eksploitasi Secara Ekonomi dan Seksual dan Persetubuhan Terhadap Anak, Sat Reskrim Polresta Bengkulu Polda Bengkulu berhasil mengamankan 3 orang pria sebagai terduga pelaku.

“Ketiga orang terduga pelaku tersebut berhasil diamankan setelah kita menerima Laporan Polisi pada tanggal 17 Januari kemarin”, terang Kabag Ops Polresta Bengkulu Polda Bengkulu Kompol Jufri, S.IK, didampingi Kasat Reskrim AKP Welliwanto Malau, S.IK., MH dan Kasi Humas AKP Sugiharto saat menggelar konferensi pers kemarin Kamis (19/01).

Hasil pemeriksaan sementara, kasus eksploitasi anak bermula saat korban seorang pelajar perempuan yang masih berumur 15 tahun menginap dirumah pelaku yang berada di Kelurahan Kebun Beler Kecamatan Ratu Agung pada bulan Desember tahun 2022 lalu sembari meminta pelaku untuk mencarikan pelanggan tambahnya.

Pelaku yang berusia 30 tahun tersebut kemudian menghubungi kenalannya, sebut saja kumbang (40) dan menawarkan korban dengan harga Rp 2.000.000,- (Dua Juta Rupiah) yang langsung disanggupinya dengan memberikan uang muka sebesar Rp 1.000.000,- (Satu Juta Rupiah), kemudian membawa korban kerumahnya untuk melakukan hubungan suami istri, dan setelahnya diberi uang Rp 1.000.000,- (Satu Juta Rupiah) sebagai sisa pembayaran” sambung Kabag Ops.

“uang yang diterima pelaku berusia 30 tahun kemudian dibagi dengan rekannya yang berusia 24 tahun dan dibelikan kebutuhan pokok seperti beras dan minuman keras yang berhasil kita sita sebagai barang bukti hasil kejahatan” tegasnya lagi sembari menyebut pelaku 30 tahun juga sempat melakukan persetubuhan dengan korban sebanyak 4 kali.

Akibat kejadian tersebut, keluarga korban tidak terima dan membuat laporan polisi untuk ditindak lanjuti pungkasnya mengakhiri. (***)

Polres Benteng Berhasil Amankan BB Motor Curian Hingga ke Empat Lawang

Bengkulu Tengah >> Polres Bengkulu Tengah bersama Polsek Talang Empat berupaya keras agar bisa memulangkan motor warganya yang telah dicuri beberapa waktu lalu, Kamis (19/01/2023).

Titik terang bermula dari kabar tertangkapnya tiga pelaku di Polsek Sukaraja pada 16 Januari lalu. Kabid Humas Polda Bengkulu Kombes Pol Anuardi, S.I.K., M.Si., CPHR menjelaskan berdasarkan keterangan salah satu pelaku sepeda motor merk Yamaha jenis Mio J milik warga Bengkulu Tengah itu telah ia jual kepada seseorang inisial Ag di desa Lubuk Sepang Kec. Pendopo Kab. Empat Lawang, Sumatera Selatan.

Kemudian Anggota opsnal melakukan penyelidikan terhadap informasi yang didapat mencari keberadaan sepeda motor sesuai dengan petunjuk. Sekira jam 22.00 wib hari Rabu tanggal 18 Januari 2023 anggota opsnal mendatangi rumah Ag. Namun sayangnya Ag sedang tidak berada dirumah. Petugas kemudian meminta keterangan kepada istri Ag. Benar saja istri Ag mengatakan sang suami pernah membeli sepeda motor korban pencurian tersebut namun hanya beberapa hari keberadaan motor tersebut dirumah.

Situasi kemudian berubah menjadi tegang, karena banyak masyarakat yang telah mengerubungi rumah Ag. Tak mau terjadi permasalahan anggota opsnal bergerak meninggalkan desa Lubuk Sepang, dan melakukan kordinasi dengan kepala desa setempat.

“Setelah terjadi percakapan antara kepala desa dengan orang tua Ag akhirnya pihak keluarga menyerahkan sepeda motor tersebut,” terangnya. (***)

Harapan Wakapolda Saat Kunjungi Polsek di Bengkulu Utara

Wakapolda Brigjen Pol. Umardani : Minta Jangan Ada Tindakan Yang menciptakan Opini Negatif Bagi Polri saat Kunjungi Polsek Napal Putih

Bengkulu Utara >> Guna memantau secara langsung keadaan situasi Kamtibmas di tiap Polsek yang ada di Polres jajaran Polda Bengkulu, Wakapolda Bengkulu Brigjen Pol Drs. Umardani, M.Si., didampingi Karo SDM dan Dir Lantas beserta rombongan melakukan kunjungan Polsek Napal Putih dan Polsek Lais Polres Bengkulu Utara, Kamis (18/01/23).

Saat ramah tamah, Wakapolda menyebutkan kunjungan dirinya bersama rombongan merupakan sarana untuk mengetahui secara langsung keadaan Polsek jajaran khususnya Polsek yang letaknya terjauh dan termasuk dalam kategori terjauh atau terpenci.

Ia juga saat melakukan pemantauan tersebut memerintahkan Wakapolres dan PJU yang hadir, untuk melakukan pembinaan yang baik di seluruh Polsek jajaran, sebagai langkah untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan. Hal tersebut seperti pelanggaran tindakan yang dapat menciptakan opini negatif terhadap citra kepolisian secara menyeluruh.

”Lakukan koordinasi dan sinergi dengan seluruh instansi dan elemen masyarakat yang dapat berupa kegiatan sambang bersama atau binluh yang menyasar kepada kerawanan kamtibmas seperti tindak pidana atau asusila, ”sampai Wakapolda Bengkulu.

Wakapolda juga mengingatkan agar Kapolsek untuk proaktif mengusulkan ke SDM Polres mana anggota yang bisa dijadikan bhabinkamtibmas guna melaksanakan tugas sebagai garda terdepan pelayanan kepolisian ditengah masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut, Wakapolda Bengkulu juga menyempatkan diri untuk mengunjungi anggota bhabinkamtibmas yang mengalami sakit menahun yakni Aiptu fadli Wijaya sh, dan akan direncanakan akan segera dirujuk ke rumah sakit bhayangkara untuk pengobatan lebih lanjut. (***/Hms)

Polsek Giri Mulya Razia Hingga ke Sekolah-Sekolah

Bengkulu Utara >> Menjawab laporan serta curhatan masyarakat yang terganggu suara bising yang dihasilkan knalpot brong anak sekolahan, Selasa pagi (17/01/2023) Polsek Giri Mulya Polres Bengkulu Utara langsung menyambangi sekolah tepatnya di SMPN 31 dan SMKN 11 Bengkulu Utara.

Kegiatan dipimpin langsung oleh Kapolsek Giri Mulya IPTU Freddy Simaremare SH bersama beberapa personil Polsek Giri Mulya. Pada kesempatan itu, personil yang sebelumnya telah berkordinasi dengan pihak sekolah langsung melakukan pengecekan sepeda motor para siswa tersebut. Alhasil sebanyak dua units ranmor milik pelajar diamankan petugas karena tidak memiliki kelengkapan kendaraan maupun administrasi. Selain itu delapan buah knalpot racing (brong) juga tak luput dari pantauan petugas.

“agar menimbulkan efek jera, para personil yang memiliki kendaraan dengan knalpot brong menghancurkan sendiri knalpotnya sehingga tidak dapat digunakan kembali,” terang Kapolsek.

Bagi para siswa yang diketahui menggunakan knalpot brong, petugas kemudian memberikan teguran lisan dan menandatangani surat pernyataan yang diketahui oleh orang tua dan pihak sekolah untuk mengganti dengan Knalpot yang standar. Pada kesempatan itu, petugas lalu lintas Polsek Giri Mulya juga memberikan sosialisasi dan imbaun kepada seluruh siswa untuk patuh aturan lalu lintas demi keselamatan dan ketertiban bersama.

Begal Ambulance di Dor Saat Ditangkap

Rejang Lebong >> Satu lagi pelaku pencurian dengan kekerasan mobil Ambulance berinisial RR (21) warga kecamatan Biduriang Kabupaten Rejang Lebong ( RL ) berhasil ditangkap Polres RL.

Kapolres RL Tonny Kurniawan melalui Kanit Pidum Sat Reskrim Polres Rejang Lebong IPDA Gibran Gani Mandica, S.Tr.K didampingi Kasi Humas Polres Rejang Lebong IPTU Bertha Anggraini, SH dalam press conference hari ini (18/01/23) menyampaikan, tersangka RR ditangkap pihaknya pada Senin tanggal 16 Januari 2023 sekitar pukul 13.00 WIB.

”Tersangka ini kami tangkap saat sedang berada di Kota Lubuk Linggau Provinsi Sumatera Selatan ( Sumsel), ” sampai Kanit Pidum.

Ia menerangkan tersangka RR ditangkap pihaknya lantaran melakukan pencurian dengan kekerasan terhadap tenaga kesehatan Ambulance di Jalan Lintas Curup – Lubuk Linggau tepatnya di Desa Kepala Curup Kec. Binduriang sedang berada di Kota Lubuk Linggau.

Adapun Tersangka tambahnya, melakukan aksinya bersama dua orang rekannya berinisial DS (21) EDS (34) yang sudah tertangkap terlebih dahulu pada Hari Sabtu tanggal 30 Juli 2021 sekira pukul 01.00 WIB.

”Tersangka terpaksa kami lumpuhkan dengan tindakan tegas terukur lantaran mengancam anggota yang akan menangkapnya, ”jelas Kanit Pidum.

Kanit Pidum menambahkan, dari tersangka berhasil disita barang bukti berupa 1 (satu) unit Handphone merk Oppo warna hitam, 1 (satu) buah kotak handphone merk Redmi 6A warna merah maron, 1 (satu) unit tensi air raksa.

”Tersangka akan kami jerat dengan pasal 365 KUH Pidana dengan ancaman pidana maksimal 9 tahun penjara, ”beber Kanit Pidum.

Untuk diketahui , satu unit mobil ambulans milik Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu, dibegal di kawasan Jalan Lintas Curup-Lubuklinggau 3 Juli 2021. (***)