Jelang Puasa, Pemkot Ambil Langkah Dalam menekan Inflasi

Kota Bengkulu >> Jelang Puasa / Tamadhan 1444 H, sejauh ini inflasi di Kota Bengkulu masih terkendali. Berdasarkan laporan tim lapangan, beberapa harga barang memang mengalami kenaikan tapi tak terlampau tinggi.

Hal tersebut disampaikan Walikota Helmi Hasan melalui Asisten I Kota Bengkulu Eko Agusrianto menerangkan, Untuk Kota Bengkulu sendiri angka inflasi berada di 5,28 persen. Jumlah tersebut mengalami penurunan dari sebelumnya. Sedangkan untuk Provinsi diangka kisaran 6 persen, masih jauh dibanding daerah lain yang rata-rata 7 persen.

Sementara, komoditas penyumbang inflasi tertinggi di tahun 2022 lalu yaitu komoditas seperti tarif angkutan udara, bensin, minyak goreng, bahan bakar rumah tangga, mie kering instan, beras dan lainnya. Dan yang ditakuti saat ini yakni menjelang bulan ramadan, karena dikhawatirkan kenaikan harga barang dan lainnya yang cukup tinggi.

“Kita harus mewaspadai di bulan Maret mendatang, karena kita akan menghadapi bulan ramadan. Biasanya di situ kenaikan cukup tinggi makanya akan kita coba untuk tetap mengendalikannya,” jelas Eko usai mengikuti rakor melalui zoom meeting bersama Pemerintah Pusat di Monitoring Center, Rabu (8/2/23).

Adapun rencana yang disiapkan Pemkot yakni menggelar pasar murah dengan menggaet beberapa stakeholder.

“Kita upaya ada pasar murah di beberapa titik. Entah itu bekerjasama dengan Bulog ataupun yang lainnya. Karena kita harus tetap menjaga agar daya beli masyarakat itu terjangkau,” pungkasnya. (***/rls)

3 Permasalahan Remaja Yang Ditekankan Walikota Helmi Kepada Duta Genre Kota Bengkulu

Kota Bengkulu >> Walikota Bengkulu Helmi Hasan didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Dewi Dharma, melantik 80 duta genre tingkat kelurahan se-Kota Bengkulu di Balai Kota Merah Putih, Selasa (7/2/2023).

Adapun pelantikan ini merupakan langkah Pemkot Bengkulu dalam mendukung Duta Genre, untuk mengajak remaja menjauhi tiga permasalahan, yaitu perkawinan usia anak, seks bebas, dan penyalahgunaan napza.

“Jika seluruh elemen Pemerintah Kota Bengkulu mendukung Duta Genre, saya optimis kita bisa maju, karena kemajuan itu dibangun dengan sinergitas dan kolaborasi. Dari sini kita harus sama-sama bergerak melalui duta-duta ini menjadikan Kota Bengkulu yang menginspirasi dan memotivasi generasi dari daerah lain,” ujar Helmi.

Dirinya berharap Duta Genre bisa menjadi generasi penerus yang handal dan mempunyai daya saing yang luar biasa.

“Gantungkan cita-cita setinggi langit, tidak mungkin kita mengapai cita-cita tanpa proses. Maka berproseslah melalui genre ini. Persiapkanlah diri agar siap bersaing melawan kemajuan era sekarang. Isi waktu kalian dengan hal-hal dan kegiatan yang positif dan bermanfaat,” kata Helmi.

Untuk memotivasi, Helmi tak lupa memberikan support kepada para duta genre dan menegaskan merekalah generasi penerus yang menjadi harapan bangsa dan negara, sehingga harus selalu memberikan contoh moral dan prilaku yang baik.

“Setelah pelantikan ini tolong disiapkan dengan sungguh-sungguh duta kita ini. Buatkan program-program yang berkualitas, bagaimana caranya agar mereka terus bersemangat mewujudkan generasi muda berkualitas,” demikian Helmi.

Sebagai informasi, duta genre merupakan duta yang memiliki tanggung jawab untuk mensosialisasikan program BKKBN kepada remaja dan masyarakat luas untuk menghindari Tiga Ancaman dalam Reproduksi Remaja (TRIAD KRR) yakni seks bebas, pernikahan dini, narkoba dan napza selain itu untuk menggerakan program dua anak cukup dan mengayomi PIK.

Turut hadir dalam acara Perwakilan BKKBN Provinsi Bengkulu Asisten dan Staf Ahli serta seluruh Kepala OPD di Lingkungan Pemkot Bengkulu. (***/MCKB)

Annirell.Com - Media Siber - Berita, Publikasi, Banner dan Ucapan - Hotline : 082176018559 - 087791104004..🤗

Walikota Helmi Pesankan Saat Lantik Satgas BPJS UHC

Kota Bengkulu >> Walikota Bengkulu Helmi Hasan bergerak cepat menindaklanjuti laporan masih adanya warga Kota Bengkulu tak tercover BPJS gratis.

Helmi langsung membentuk Satgas BPJS UHC yang berisikan para Pegawai Tidak Tetap (PTT) Pemkot Bengkulu. Senin (6/2/23, Helmi langsung membagikan Surat Perintah Tugas (SPT) terhadap para satgas untuk memudahkannya menjalankan tugas di lapangan.

Dirinya meminta kepada seluruh satgas yang bertugas untuk benar-benar memastikan semua warga mendapatkan jaminan kesehatan gratis dari Pemerintah Kota Bengkulu.

“Kita cari yang berhak dan laik. Maka itu yang menjadi target Pemerintah Kota Bengkulu dalam penyisiran ini warga yang berhak dan benar-benar tak mampu. Pasalnya di handphone (HP) saya ini setiap hari ada 100 orang yang whatsapp (WA), ada yang berhak tapi tak mendapat BPJS gratis,” jelas Helmi.

Bahkan, kata Helmi, ada warga yang melapor sudah mengurus semua syarat tapi tak kunjung di respon. Untuk itu, harapannya hal – hal seperti ini dapat diselesaikan Satgas BPJS UHC.

“Ada yang WA ke saya sudah ngasih ke RT KK nya, surat keterangan tidak mampu ke kantor lurah juga sudah dikasih, ke kantor camat juga sudah setahun tapi tak ada kabarnya,” ujar Helmi didampingi Wawali Dedy dan Sekda Arif Gunadi serta jajaran lainnya.

“Saya bilang mungkin itu bukan RT kota, lurah kota, camat kota, mungkin RT, lurah, camat Jerman,” sambungnya sembari tertawa.

Helmi berharap satgas terpilih nantinya dapat menjalankan tugas sebagaimana mestinya dan dapat membantu Pemkot menyisir warga-warga yang berhak menerima BPJS gratis.

“Maka tadi ada ratusan PTT kita yang terpilih dari ribuan PTT untuk mendatangi warga-warga. Mereka terpilih karena senyumnya paling manis, mereka terpilih karena ramah,” ucap Helmi.

Dengan rencana ini, Helmi berharap warga dapat menerima secara baik ketika satgas mulai mendatangi rumah-rumah warga utnuk pendataan.

“Untuk warga kota Bengkulu, mohon mereka diterima baik-baik. Bagi yang berhak mendapatkan BPJS gratis di kota Bengkulu silahkan sampaikan KK nya agar disampaikan nanti ke BPJS. Kalau sudah tak mau fotokopi lagi cukup nanti difotokan dengan petugas kita,” tutupnya. (***/rls)

Walikota Helmi Mengecek Kawasan Kota Merah Putih

Kota Bengkulu >> Walikota Bengkulu Helmi Hasan bersama Sekda Arif Gunadi, para Asisten, Staf Ahli dan beberapa Kepala OPD perdana Sholat di masjid nan megah di kawasan Kota Merah Putih, Kelurahan Pekan Sabtu, Minggu (5/2/2023).

Helmi bersama rombongan melakukan salat zuhur berjamaah, sembari meninjau kawasan merah putih yang direncanakan menjadi pusat perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Bengkulu ke-304 pada Maret mendatang.

Untuk agenda salat ashar hari ini, Helmi mengajak para pejabat bersama anak asuhnya (GPY) melaksanakan salat ashar berjamah sembari silaturahmi dan memperkenalkan kota baru yakni kota merah putih.

Saat ditemui awak media, Helmi membeberkan beberapa persiapan Pemkot Bengkulu untuk merayakan HUT Kota di kawasan merah putih. Diantaranya akan diadakan pasar malam hingga pagelaran seni dan event lainnya.

“Nanti disini akan diadakan pasar malam selama satu bulan dan juga ada pentas seni dan budaya dari seluruh suku di Indonesia untuk memeriahkan HUT Kota Bengkulu. Selain itu, kita juga akan menghadiahkan kota baru di HUT Kota Bengkulu yakni Kota Merah Putih,” jelas Helmi.

Event di kota merah putih juga bagian rencana mendukung Presiden RI Joko Widodo yang mana kini sedang memfokuskan menekan angka inflasi dan mendongkrak pertumbuhan ekonomi di tengah masyarakat.

“Kita juga paham pesan pak presiden tentang inflasi dan soal keterlambatan pertumbuhan ekonomi dunia. Jadi nanti selama pasar malam kita akan mengundang setiap UMKM di Kota Bengkulu, kita sediakan fasilitas untuk mereka secara gratis,” tuturnya.

HUT 304 Kota Bengkulu Dipusatkan di Kota Merah Putih

Bengkulu, InfoPublik – Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Bengkulu ke-304 tanggal 17 Maret mendatang akan beda dari sebelumnya. Pasalnya, perayaan HUT akan dipusatkan di kawasan ‘Kota Merah Putih’ di Kelurahan Pekan Sabtu.

Berbagai kegiatan akan digelar Pemkot Bengkulu dalam memeriahkan HUT kota. Hal ini juga bertujuan memperkenalkan kawasan kota merah putih kepada masyarakat.

“Insya allah ini akan kita mulai dari tanggal 28 februari – 18 maret. Semua kita pusatkan di kota merah putih, mulai dari apel besar, upacara, bazar, lomba-lomba, pameran, dan lainnya,” ujar Asisten I Pemkot Eko Agusrianto didampingi Asisten II Saipul Apandi, para Staf Ahli dan Kepala OPD terkait yang berlangsung di ruang rapat Hidayah II beberapa waktu lalu.

Untuk rangkaian acara ini, Eko menjelaskan akan ada perubahan dalam pelaksanaan rapat paripurna di DPRD yang dimajukan sehari lebih awal.

“Rangkaian inti kita mulai dari ziarah pada tanggal 15, kemudian paripurna tanggal 16, upacara tanggal 17. Kan biasanya paripurna dengan upacara disatukan, tapi kebetulan hari itu Jumat dan waktu memang tak memungkinkan maka kita pisah,” jelasnya.

Dikatakan Eko, HUT Kota ke-304 juga akan menjadi persembahan terakhir Walikota – Wawali untuk masyarakat, mengenang perayaan ini merupakan terakhir di masa jabatan keduanya.

“Ini adalah persembahan dari pak walikota, wakil walikota, mungkin ini terakhir di jabatan beliau. Mungkin juga bukan hanya sekedar hiburan artis dari ibu kota. Insya allah hadirkan penceramah/ustaz kondang, ada tabligh akbar dan mungkin ini juga perdana kita menggunakan masjid yang sudah kita bangun ini di merah putih,” pungkasnya. (***)

,

Pujian dan Kesan Mendalam Saat Pisah Sambut Kapolres Bengkulu

Kota Bengkulu >> Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu menggelar acara Pisah Sambut Kapolresta Bengkulu dari AKBP. Andi Dady Nurcahyo Widodo E.P, S.IK kepada Kombes. Pol. Aris Sulistyono, A.Md, SH, MH. Acara digelar di Grage Hotel Bengkulu, Jumat malam (27/1/2023).

Dikesempatan ini turut hadir Wakil Walikota Dedy Wahyudi, Ariyono Gumay yang mewakili Ketua DPRD Kota Bengkulu, Kajari Bengkulu Yulita, SH, Dandim 0407/Kota Bengkulu Letkol. Kav. Widodo Pujianto, SH beserta istri, Danlanal Bengkulu, Sekda Arif Gunadi, para asisten dan staf ahli Kota Bengkulu dan kepala OPD di lingkungan Kota Bengkulu serta tamu penting lainnya.

Walikota Bengkulu, Helmi Hasan dikesempatan menyampaikan sambutannya mengatakan banyak sekali kesan baik bersama Andi selama ia menjabat Kapolresta Bengkulu. Ia menyampaikan banyak terima kasih atas kerjasama yang telah dibangun selama ini.

“Selama ini banyak sekali dukungan dari mantan kapolres pak Andi Dady sehingga Pemkot Bengkulu bisa menjalankan tugas dengan baik. Pak Andi memang cuma sebentar menjabat kapolres tetapi catatan-catatan kebaikannya begitu banyak. Salah satu catatan kenangan baik yakni soal sedekah 2 ribu, itu sangat menginspirasi bahwa ada gerakan sedekah 2 ribu di polresta. Kemudian Pemkot Bengkulu bikin juga program sedekah 2 ribu,” beber Walikota Helmi.

Ia mengapresiasi Kapolres yang sebelumnya dan mengucapkan selamat datang dan selamat bertugas kepada Kombes. Pol. Aris Sulistyono, A.Md, SH, MH, yakni kapolres pertama di Kota Bengkulu yang berpangkat Komisaris Besar Polisi. Ia mengatakan bahwa di Kota Bengkulu biasanya rutin digelar rapat setiap minggu antar foekopimda.

“Kita di Kota Bengkulu ini hampir setiap minggu kita lakukan rapat sehingga kita bisa membangun suasana yang baik antar pimpinan eksekutif, pimpinan legislatif dan pimpinan yudikatif,” ujar Helmi.

Di akhir sambutannya Helmi menyampaikan permohonan maaf atas nama pribadi, atas nama walikota dan atas nama Pemkot Bengkulu kepada Andi bila selama bersama-sama ada hal yang kurang pas dan kurang berkenan. Ia berharap dan mendoakan Andi semoga di tempat yang baru lebih bersinar lagi, lebih sukses lagi dan lebih berhasil lagi.

Sementara Kapolres yang sebelumnya AKBP Andi Dady Nurcahyo Widodo E.P, S.IK juga sampaikan ucapan terima kasih kepada forkopimda Kota Bengkulu terkhusus kepada walikota, wawali, sekda, para asisten, staf ahli serta seluruh kepala OPD lingkungan Pemkot Bengkulu atas support dan bantuan kerjasamanya selama ini. Adapun Andi pindah tugas di Polairud Polda Bengkulu sebagai Wakil Direktur.

“Terima kasih kepada walikota, wawali, sekda, staf dan jajaran atas kerjasama selama ini, dan juga atas acara pisah sambut ini. Pak wali sudah sudi menyiapkan acara mewah seperti ini,” ucap Andi.

Andi juga ucapkan selamat datang kepada kapolresta yang baru.

“Selamat datang pak kapolresta semoga betah di Kota Bengkulu. Selanat datang juga kepada sahabat saya, pak Dandim 0407/Kota Bengkulu, Letkol Widodo. Mudah-mudahan semuanya senantiasa diberikan kesehatan, panjang umur, dilancarkan semua tugas dan ikhtiarnya,” tambah Andi.

Sementara Aris selaku Kapolresta Bengkulu yang baru memohon dukungan dan doa dari seluruh forkopimda di Kota Bengkulu agar ia bisa melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya.

“Kehadiran saya di sini merupakan takdir dari Allah. Bahkan tak pernah terpikir bahwa saya akan memimpin Polresta Bengkulu. Apalagi ini pertama kali seorang Komisaris Besar Polisi memimpin polres di Kota Bengkulu. Saya akan jalani dengan ikhlas dan tentu saya berharap menjadi nilai ibadah untuk di dunia dan akhirat nantinya,” ujar Aris yang diaminkan seluruh pejabat yang hadir.

Dengan seluruh kekuragan yang ada pada dirinya sambungnya, ia berjanji akan bekerja keras, dengan ikhlas dan kerja tuntas dalam mengemban amanah ini.

“Kami membuka diri kepada walikota dan seluruh forkopimda Kota Bengkulu untuk memberikan koreksi. Bila perlu tegur saya kalau ada sesuatu yang kurang baik atau keliru. Mari sama-sama bantu saya mewujudkan Kota Bengkulu yang aman dan kondusif,” ujarnya.

Untuk diketahui, Aris sebelumnya sudah 2 kali menjabat Kapolres dan terakhir menjabat Wadir Intelijen di Bangka Belitung. Maka, dengan modal pengalaman yang ada pada dirinya itu, Aris berharap jadi sebuah penyemangat bersama.

“Mohon pak walikota dan forkopimda berkenan menerima kami dan memberikan doa restu agar Allah memberikan kelancaran buat kami menjalankan tugas,” demikian Aris.(***/rls)

Kerja Bersama, Kota Bengkulu Berhasil Turunkan Angka Stunting

Kota Bengkulu >> Kerja keras Pemerintah Kota Bengkulu bersama TNI, Polri, instansi terkait, TPPS (Tim Percepatan Penurunan Stunting) dan para keder KB dalam upaya menurunkan angka stunting membuahkan hasil.

Adapun angka stunting sebelumnya di Kota Bengkulu 22,2 perser, dan berdasarkan data yang dipaparkan Presiden RI Joko Widodo saat zoom meeting angka stunting di Kota Bengkulu turun 10 persen menjadi 12 persen.

Dengan keberhasilan tersebut Walikota Bengkulu, Helmi Hasan melalui Wakil Walikota Dedy Wahyudi mengapresiasi keberhasilan tersebut, Kamis (26/1/2023).

“Untuk stunting di Provinsi Bengkulu, dulunya kita (Kota Bengkulu) di angka 22,2 persen. Ketika zoom meeting dengan Presiden kemarin, Alhamdulillah Kota Bengkulu terjun bebas ke angka 12 persen. Jadi 10 persen kita bisa menekan angka stunting,” sampai Dedy.

Ia menambahkan keberhasilan ini terwujud berkat sinergitas yakni TNI, Polri, Kader KB dan masyarakat. Penurunan ini menambah antusiasnya untuk menurunkan lagi dibawah 10 persen.

“Target kita di angka 9 persen. Kalau tingkat nasional 14 persen. Maka ini menjadi semangat bagi kita semua sehingga ke depan Kota Bengkulu bisa meminimalisir stunting bila perlu 0 (zero) stunting. Saat ini, posisi kita sejajar dengan Kabupaten Kaur sama-sama di angka 12 persen, ini sebuah capaian prestasi yang luar biasa menurut saya,” tutup Dedy.(***)

Masyarakat Tetap Senang Kala Dibantu

Kota Bengkulu >> Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu melalui Dinas Sosial (Dinsos) hingga kini tetap menyalurkan bantuan meski Kota Bengkulu, Selasa malam (24/1/23) diguyur hujan lebat disertai badai.

Mulai dari perwakilan Kemensos RI, BRSPDM Sentra Dharma Guna, Kadinsos, para Kabid, sub koordinator, tim tagana, PMI, dan jajaran Dinsos lainnya tetap bersemangat dan kompak demi membantu warga dengan menyalurkan berbagai bantuan dari Kemensos RI untuk warga terdampak banjir.

Bantuan berupa makanan siap saji, makanan anak, kidsware, kasur, matras, selimut, sandang bayi, pembalut dengan total 874 paket diserahkan di dua kelurahan yakni Tanjung Agung dan Rawa Makmur. Selain itu, Dinsos juga menyediakan ribuan nasi bungkus untuk warga.

Bantuan yang disalurkan ini merupakan perhatian Walikota Bengkulu Helmi Hasan dengan langsung menyurati pihak Kemensos untuk meminta bantuan demi warga terdampak banjir.

“Bapak-ibu ini bentuk perhatian kita, pemerintah selalu hadir di tengah masyarakat seperti sekarang dan kita juga menyalurkan bantuan logistik. Semoga bantuan ini dapat meringankan kesulitan bapak-ibu. Pasalnya saat musibah seperti ini semuanya mengalami kesulitan, untuk itu kita hadir disini,” ujar Sahat saat menyalurkan bantuan.

Ia mengungkapkan bantuan yang disalurkan merupakan uang rakyat, ketika ada musibah semua bantuan akan diberikan ke rakat.

“Ini uang rakyat, jadi ya kembali ke rakyat berupa bantuan yang kita serahkan,” tuturnya

Dirinya juga memberi pengertian ke masyarakat akan musibah yang menimpa Kota Bengkulu. “Ini musibah bapak – ibu kita tak tahu kapan datangnya, tetap bersabar dan semangat ya. Semoga semua ini cepat normal kembali,” ujar Sahat.

Saat menyerahkan bantuan, salah satu warga Kelurahan Rawa Mukmur atas nama Desi mengucapkan terimakasih atas bantuan yang disalurkan Pemerintah.

“Terimakasih, alhamdulillah bantuan terus berdatangan. Sekali lagi terimakasih pemerintah selalu hadir. Semoga kondisi besok kembali normal dan tak ada banjir lagi,” ujarnya. (***/rls)

Warga Penurunan Dilarikan Ke RSHD

Pegawai Dinas Kesehatan Candra : Mohon Pihak Keluarga menemuinya disana.

Kota Bengkulu >> Mahasan Junaidi alias Alex, warga Jalan Putri Gading Cempaka RT 2 Kelurahan Penurunan diantar oleh Ketua RT 2 dibantu oleh warga ke Rumah Sakit Harapan dan Doa (RSHD) Kota Bengkulu karena sakit, Sabtu (21/1/23)

Belum diketahui secara pasti nama atau jenis penyakit yang dideritanya. Namun di bagaian kedua belah puting dadanya terdapat luka seperti koreng. Informasi yang didapat, selama ini Mahasan tinggal di salah satu kontrakan di Kelurahan Penurunan dan ia termasuk warga tidak mampu.

Sedangkan keluarganya tinggal di Dusun Tengah Arang Sapat Kabupaten Seluma. Ini diceritakan oleh Candra Wijaya, salah seorang warga Penurunan yang ikut memgantar pasien ke RS.

Candra yang merupakan pegawai di Dinas Kesehatan Kota Bengkulu menyampaikan bahwa pasien selama ini numpang di kosan temannya di Penurunan.

“Dia (pasien) numpang di tempat kos temannya yang kerja di BenMall. Tapi sudah jadi warga kota dan sudah punya KTP serta KK. Kalau keluarganya semua di Seluma,” ujar Candra.

Candra berharap keluarga pasien segera ke RSHD menemui pasien dan menjaga pasien yang sedang dirawat. “Kasihan, dia masih bujang, sanak keluarga di Seluma. Bagi pihak keluarga yang kenal dengan pasien agar menemui pasien di rumah sakit atau bisa hubungi saya di nomor HP 085379624455,” demikian Candra.( ***/rls)

Ada Kemudahan Bagi Warga Kota Bengkulu Mengenai Identitas Diri, Ini Kemudahannya

Kota Bengkulu >> Identitas diri setiap Warga Negara sangatlah penting, apalagi dengan domisi dan status yang telah berganti sebelumnya. Hal ini Pemkot Bengkulu melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bengkulu terus berupaya memberi kemudahan untuk memperbaharui data pribadi warga kota.

Untuk hal tersebut, Kadis Dukcapil Widodo menanggapi bahwa, pembaruan data diri sangatlah pentin, karena warga sendiri yang akan menanggung kerugian apabila data tak diperbarui setelah pindah alamat, perubahan status pernikahan dan lainnya.

Oleh karena hal tersebut, Dinas Dukcapil mengimbau seluruh masyarakat, agar aktif mengupdate dokumen melalui layanan Disdukcapil.

“Masyarakat harus memegang dokumen yang terupdate, artinya dokumen yang sesuai dengan kondisi saat ini. Ini gunanya ialah pada saat dokumen itu digunakan, itu sudah sesuai dengan keadaan saat ini.

Sebagai contoh misalnya suatu urusan memerlukan status di KK atau di KTP nya status kawin tercatat, nah kalau ini tidak kita urus ini akan menjadi batu sandungan apabila ingin berurusan dengan dokumen yang dibutuhkan,” jelas Widodo, Selasa (17/1/23).

Selama ini, Pemkot Bengkulu sudah memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat untuk menginput data kependudukan. Saat ini masyarakat telah bisa memanfaatkan layanan di Mall Pelayanan Publik di dinas DPMPTSP mulai dari pembuatan KTP, maupun perubahan data di KK. Selain itu, Dinas Dukcapil juga melakukan pelayanan perekaman KTP secara mobile, untuk siswa tingkat menengah atas.

“Inilah bentuk pelayanan maksimal kita untuk memudahkan masyarakat mengurus dokumen administrasi kependudukan,” tuturnya. (***)

Baznas Kota Bengkulu Bantu Modal Usaha, Ini Syaratnya

Kota Bengkulu >> Setiap pelaku usaha bisa memperoleh modal dengan mengajukan Bantuan Modal Usaha kepada Badan Amal Zakat Nasional Kota Bengkulu. Namun bantuan ini diberikan kepada pelaku usaha yang masih kesulitan dalam usaha seperti kekurangan modal dalam menjalankan kegiatan usahanya.

Bantuan modal usaha diberikan dengan tujuan untuk meningkatkan dan mengembangkan usaha para pelaku UMKM. Dalam program ini Baznas menyiapkan bantuan uang modal usaha hingga peralatan modal usaha yang dibutuhkan masyarakat. Seperti gerobak untuk berjualan, payung hingga etalase.

Adapun bantuan bersumber dari dana zakat, infaq dan sedekah dari masyarakat Kota Bengkulu. Selama ini salah satu penyumbang zakat terbesar di BAZNAS Kota Bengkulu adalah zakat ASN Pemerintah Kota Bengkulu yang setiap bulannya berberkisar Rp 400 juta.

Selama ini rata-rata bantuan yang diberikan berkisar 1 juta rupiah. Pada tahun 2022 sudah ada ratusan masyarakat yang mendapatkan bantuan ini.

“Bantuan modal usaha ini menjadi bagian dari program Baznas kota dengan memberikan modal agar masyarakat bisa menjalankan dan mengembangkan usahanya,” ujar Ketua Baznas Habib Abdurahman Alkaf, Kamis (12/1/23).

Adapun syarat-syarat mendapatkan bantuan yakni :

1. SKTM dari kelurahan
2. Nama kelompok dan jenis usaha
3. Minimal usaha sudah berjalan 1 tahun
4. Satu kelompok (maksimal 10 orang)
5. Surat rekomendasi dari kecamatan
6. Surat keterangan usaha dari kecamatan mengetahui dinas Koperasi dan UMKM.

Untuk info lebih lanjut bisa hubungi langsung pihak Baznas Kota Bengkulu. (***)

Kaban Bapenda Eddyson Optimis Pemkot Bengkuku PAD Tembus Rp 320 M

Kota Bengkulu >> Upaya dalam peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD), Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) terus berupaya meningkatkan PAD dari tahun sebelumnya.

Hal ini dilihat dari setelah Covid-19, Bapenda dituntut meningkatkan pundi-pundi kas daerah melalui sektor pajak dan retribusi. Hal tersebut bagi Bapenda menargetkan PAD di 2023 tembus Rp 320 miliar.

“Di 2023 kita genjot, targetnya tembus Rp 320 miliar,” sampai Kepala Bapenda Eddyson saat diwawancara, Rabu (4/1/23).

Karena sebelumnya (2022) tambahnya, Bapenda menuai kendala seperti belum stabilnya pertumbuhan ekonomi, belum lagi para pelaku usaha banyak mengeluh pemasukan berkurang bahkan anjlok di kala itu.

“Ya, banyak para pelaku usaha mengeluh. Pak kami ini jangan ditarik besar-besar dulu, istilahnya seperti baru mau belajar hidup lagi, nah makanya kita kasih kelonggaran. Tapi di 2023 ekonomi perlahan pulih dan kita targetkan PAD naik,” tambahnya.

Demi membuat wajib pajak sadar dan taat membayar pajak, Bapenda berencana memberikan reward kepada siapa saja yang taat.

“Kita rencananya memang ingin membuatkan reward. Kita sudah melakukan pendekatan dengan bank kasda dan ini juga salah satu cara untuk meningkatkan PAD,” pungkasnya. (***/Rls)

Walikota Bengkulu Helmi Imbau Hindari Hal Ini Dalam Pencegahan Stunting

Kota Bengkulu >> Walikota Bengkulu Helmi Hasan hadir langsung di kegiatan Institusi Masyarakat Pedesaan (IMP) dalam rangka meningkatkan program Bangga Kencana untuk percepatan penurunan stunting, Senin (5/12/22) di kantor camat Sungai Serut.

Hadir Kadis DP3AP2KB Dewi Dharma, Camat Sungai Serut Apriyadi, Lurah Surabaya dan Kepalas Puskesmas Sukamerindu. Pada kesempatan itu Helmi memberikan arahan kepada warga (Ibu-ibu) yang hadir terkait pentingnya pencegahan stunting.

Salah satu hal penting yang disampaikan agar masyarakat menghindari pernikahan dini. Karena pernikahan dini bisa memicu atau beresiko lahirnya anak yang stunting.

“Penyebab utama stunting mulainya dari pernikahan. Pernikahannya tidak boleh pernikahan dini atau menikah terlalu muda. Bukan hanya berdampak pada kesehatan tapi berdampak juga kepada keberlangsungan rumah tangganya karena masih usia muda dan labil. Maka usia pernikahan ini menjadi penting,” ujar Helmi.

Kemudian ketika sudah menikah, sambung Helmi maka penting bagi ibu-ibu yang sedang hamil agar dijaga makanannya jangan sampai makananya tidak sehat. Oleh karena itu, pemerintah pasti membantu apabila ada ibu hamil yang suaminya tidak bekerja sehingga sulit membeli makanan yang sehat.

“Kalau ada ibu hamil kesulitan mendapatkan makanan yang sehat karena suaminya menganggur atau belum dapat pekerjaan, silahkan hubungi nomor whatsapp saya. Lapor ke pemerintah, maka pemerintah akan membantu,” kata Helmi.

Helmi juga berpesan kepada Ibu-ibu atau orangtua agar mendidik anak dengan benar dan penuh kasih sayang.

“Anak yang sudah lahir juga perlu diperhatikan. Dipastikan anak itu bisa mengkonsumsi ASI. Jangan malas memberikan ASI kepada anak, jangan diganti dengan susu formula. Pastikan anak mendapatkan ASI,” pesan Helmi.

Helmi melanjutkan, ia minta anak-anak jangan sampai terganggu mentalnya. Misalnya anak sering dimarahi terus, atau dimarahi depan umum.

“Kalau anak sering dimarahi, dia jadi stres, malu, minder, ridak mau makan, akhirnya sakit. Jangan memarahi anak di depan orang karena anak jadi kurang percaya diri. Kalaupun menegur anak dengan cara yang bijak karena itu akan terekam di memori anak. Maka betul-betul kita mendidik anak dengan kasih sayang,” ujar Helmi.

Bicara soal stunting, masih kata Helmi bahwa persoalan stunting ini adalah PR semua stakehokder dan semua lapisan masyarakat.

“Ayo bersama cegah stunting untuk Kota Bengkulu yang lebih baik. Pemkot Bengkulu memang sedang fokus dengan agenda bagaimana kita bisa zero (0) stunting. Stunting ini menjadi PR bersama. Dan ini bukan perkara yang sederhana karena ini berkaitan dengan masa depan bangsa, mengenai generasi penerus kita,” tambah Helmi.

Oleh karena itu, ia minta agar kemudian semua stakeholder betul-betul memberikan kontribusinya. “Setiap OPD dititipi program ini. Jadi hampir seluruh dinas ada program tambahan bagaimana bisa berkontribusi mewujudkan 0 stunting,” demikian Helmi (***/rls)